Featured Posts Coolbthemes

Cari Blog Ini

Translate

Jumat, 27 Juli 2012

DAUN SIRIH DAN MANFAATNYA


MANFAAT DAUN SIRIH BAGI KESEHATAN

manfaat daun sirih untuk kesehatan Tahukah Anda, ternyata selain daun sirih bermanfaat bagi kesehatan, seperti untuk mengobati keputihan dan mengobati mata belekan, daun sirih juga bermanfaat untuk mengobati penyakit jantung dan diabetes.  Tanaman sirih ini ternyata juga memiliki banyak spesies. Antara lain sirih gading, sirih hijau, sirih hitam, sirih kuning dan sirih merah. Ciri khas tanaman sirih adalah merambat dengan bentuk daun menyerupai hati dan bertangkai yang tumbuh berselang seling mengikuti sulur batangnya. Termasuk kategori tanaman obat yang mudah dibudidayakan di pekarangan rumah.

Khasiat  dan Manfaat Daun Sirih Merah

Para ahli herbal atau penghusada tradisional biasanya menggunakan tanaman sirih merah  untuk menyembuhkan berbagai penyakit, karena pada  daun sirih merah terdapat  senyawa fitokimia yakni alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid, yang  memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah.
Daun sirih merah juga memiliki kandungan seperti :  minyak atsiri, hidroksikavicol, kavicol, kavibetol, allylprokatekol, karvakrol, eugenol, p-cymene, cineole, caryofelen, kadimen estragol, ter-penena, dan fenil propada dan eugenol yang dapat digunakan untuk  mengurangi rasa nyeri. Sedangkan tanin memiliki khasiat  mengobati sakit perut.
Menurut beberapa ahli pengobatan herbal daun  sirih merah juga dapat mengobati penyakit jantung. Adapun resepnya sebagai berikut :
Siapkan daun sirih yang berukuran sedang sebanyak 3-4 lembar.  Silahkan dicuci bersih, untuk kemudian diiris kecil-kecil. Rebus duan sirih tersebut dengan air sebanyak 4 gelas (800 ml) hingga  mendidih sehingga tersisa hanya 2 gelas. Silahkan disaring dan ramuan daun sirih merah dapat dikonsumsi selama maish hangat dengan aturan minum dua kali sehari sebelum makan. Cukup sekali minum satu gelas.
Manfaat Daun Sirih Merah Untuk Penyakit Diabetes.
Ambillah  tiga lembar daun sirih merah setengah tua dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk. Cuci bersih semua daun, kemudian iris kecil-kecil. Rebus dengan air sebanyak tiga gelas (600 ml) sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Minum sehari tiga kali sebelum makan, sekali minum setengah gelas.
Manfaat Daun Sirih Bagi Keputihan Wanita
Khasiat dan manfaat daun sirih bagi wanita adalah dalam proses menyembuhkan keputihan dan daun sirih mampu membersihkan organ intim wanita. Kemampuan daun sirih ini hasil penelitian dari  Amir Syarif dari Bagian Farmakologi Universitas Indonesia. Beliau  mengatakan bahwa daun sirih punya manfaat  yang lebih tinggi dibandingkan dengan plasebo. Penelitian ini  melibatkan 40 pasien penderita keputihan yang tidak sedang hamil, menderita diabetes melitus, ataupun penyakit hati dan ginjal. Dua puluh di antaranya mendapatkan daun sirih, sedang sisanya diberi plasebo. Baik daun sirih maupun plasebo itu diberikan pada vagina sebelum pasien tidur selama tujuh hari. Dari 40 pasien tersebut, 22 orang mendapat pemeriksaan ulang, masing-masing 11 mendapat plasebo dan daun sirih. Hasil pengujian ini membuktikan sekitar 90,9 persen pasien yang mendapat daun sirih dinyatakan sembuh, sedangkan pada kelompok yang diberi plasebo hanya 54,5 persen saja.
Khasiat dan Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan Secara Umum
Daun sirih dari asalnya telah memiliki sifat antiseptik. Sehingga daun sirih dapat digunakan untuk menyembuhkan luka dan dapat menahan pendarahan. Daun sirih juga mengandung arecoline di seluruh bagian tanaman. Zat ini bermanfaat untuk merangsang saraf pusat dan daya pikir, meningkatkan gerakan peristaltik, meredakan dengkuran. Pada daunnya terkandung eugenol yang mampu mencegah ejakulasi dini, membasmi jamur Candida albicans, dan bersifat analgesik (meredakan rasa nyeri). Manfaat Daun Sirih yang lain adalah untuk meluruhkan kentut, menghentikan batuk, mengurangi peradangan, dan menghilangkan gatal. Zat yang terdapat pada daun sirih selain memiliki zat aromatik yang menghangatkan, ia juga bersifat antiseptik, dan dipercaya dapat  meningkatkan gairah seks.

Semoga bermanfaat bagi kawan semua...

Tidak ada komentar: